Kumpulan Resep Masakan Indonesia

19.10.14

Daging Bebek Agar Empuk Dan Tidak Amis

    Sebenarnya daging bebek hampir sama dengan daging ayam, yang membedakan hanya warnanya saja lebih gelap dan lebih berserat serta liat. Juga aroma dagingnya lebih khas dibandingkan daging ayam. Ada beberapa cara yang bisa di lakukan, agar daging bebek menjadi empuk dan tidak amis. Caranya simak saja berikut di bawah ini.
Cara Agar Daging Bebek Empuk Dan Tidak Amis
Daging Bebek Agar Empuk Dan Tidak Amis
  1. Membersihkan bulu bebek
           Setelah bebek di sembelih masukkan sebentar dalam air panas, agar bulunya dapat di bersihkan dengan mudah. Setelah bulu kasarnya di bersihkan, biasanya masih tersisa bulu halusnya. Maka bulu halusnya bisa di cabuti dengan pinset atau daging bebek di garang sebentar di atas api. badan bebek di putar-putar agar seluruh bulu halusnya bersih.
  2. Rebus dengan air agak banyak
           Daging bebek lebih liat dan lebih keras di bandingkan daging ayam, maka untuk mematangkan daging bebek tentunya lebih banyak membutuhkan air perebus dari pada air perebus daging ayam. Apabila ingin di buat kaldu, maka tambahkan bumbu daun yang lebih banyak, agar kaldunya beraroma bumbu. Apabila daging bebek juga belum empuk dan matang, tambahkan lagi air panas. setelah daging bebek empuk dan matang, baru di saring kaldunya.

  3. Mengurangi aroma amis daging bebek
            Daging bebek beraroma khas yaitu agak amis, untuk menghilangkannya bisa di rendam dagingnya di larutan air jeruk nipis atau cuka. Kemudian pakailah bumbu yang banyak, bumbu yang beraroma seperti serai, daun salam, daun jeruk dan lengkuas. dan juga bisa pakai bumbu rempah yang sudah di sangrai, agar aroma bumbu rempah semakin tajam. Dan bisa juga dengan cara yang lain yaitu bebek di beri minum beberapa sendok cuka, diamkan beberapa jam baru bebek di sembelih.
  4. Singkirkan kulit dan kelenjar minyaknya
            Daging bebek yang sangat amis, di sebabkan karena kulit bebek banyak sekali mengandung minyak. Maka untuk mengurangi minyaknya, sebaiknya pisahkan sebagian kulit bebek, terutama kulit yang ada di bagian belakang bebek (dekat brutu atau tunggir). Di dekat brutu inilah terdapat sebuah kelenjar minyak yang sangat besar, potonglah dan buanglah kelenjar minyak tersebut.
  5. Cara mengempukan daging bebek :
  • Bebek yang sudah di potong-potong, lalu lumuri dagingnya dengan pengempuk daging (meat tenderizer). Bahan ini berbentuk serbuk putih berada di dalam kemasan botol kecil dan bisa anda dapatkan di pasar swalayan.
  • Bahan ini penggunaanya dapat di taburkan ke atas daging atau bisa di larutkan bersama bumbu.
  • Masukkanlah soda kue sebanyak 1 sendok teh kedalam potongan daging bebek, lalu diamkan sebentar, baru setelah itu di olah.
  • Remas-remaslah daun pepaya, lalu daging bebek bungkus semalaman dengan daun pepaya dan simpan dalam lemari es. Maka enzim papaine yang terdapat dalam daun pepaya akan bekerja mengempukkan daging bebek. Bubuk pepaya (papaine powder) yang di gunakan untuk mengempukkan daging sudah banyak di jual di pasar swalayan di gerai bumbu kering.
  • Lalu daging bebek aduklah bersama buah nanas yang di parut, maka getah nanas akan mengempukkan daging bebek dan rasa nanas yang asam manis akan menambah sedapnya masakan daging bebek.
       Nah itulah Cara Agar Daging Bebek Empuk Dan Tidak Amis, cukup mudah bukan?. Silahkan praktekkan sendiri di rumah dan rasakan hasilnya hmmm enaaak....... Selamat mencobanya dan semoga bermanfaat.

Daging Bebek Agar Empuk Dan Tidak Amis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ppg depok timur

0 comments:

Post a Comment